Seminar Online “How to prepare your journal manuscript : Journal Editor View

Senin 06 Juli 2020 pukul 10.00 WIB Program Studi Teknologi Informasi mengadakan  Seminar Online “How to prepare your journal manuscript : Journal Editor View” dengan menggunakan faslitas dari zoom meeting. Seminar yang sangat bermanfaat ini diadakan secara gratis untuk umum. Seminar terlaksana atas kerjasama Fakultas Teknik – Program Studi Teknologi Informasi – Kantor Urusan Internasional UP45YK – Internasional Journal of Advances in Intelligent Informatics UAD Yogyakarta dan Association for Scientific Computing Electronics and Engineering (ASCEE). Seminar diawali pembukaan Oleh MC yang merupakan Alumni Berprestasi UP45YK yang juga merupakan team pengajar di Program Studi Hukum UP45YK dan staff LPPM UP45YK Ibu Sulfi Amalia, S.H., M.H. Seminar ini Menghadirkan Narasumber Bapak Andri Pranolo, S.Kom., MCs yang merupakan Managing Editor of Internasional Journal of Advances in Intelligent Informatics (Scopus, Sinta 1) dimana beliau juga merupakan Dosen Universitas Ahmad Dahlan. Seminar Online ini bertindak selaku Moderator Bapak Andri Prasetyo Nugroho, S.Si., Sc (Asisten Wakil Rektor 1 dan Dosen Teknik UP45). Seminar ini peserta mendapatkan Fasilitas berupa E-Sertifikat, Ilmu yang bermanfaat dan Relasi. Rangkaian Seminar ini berdurasi 1 jam 55 menit 50 detik.

Peserta zoom meeting pada Seminar ini dihadiri oleh para pengelola jurnal dilingkungan UP45YK maupun dari luar, Dosen dan Mahasiswa UP45YK, praktisi IT yang berasal dari Yogya; Klaten; Bengkulu; Sulawesi; NTB; dan sebagainya. Bisa kita liat di Screenshoot Zoom Meeting Ikut menjadi pendengar Dekan Fakultas Teknik Bapak Dr. Ir. Sugeng Riyono, M.Phil dan Wakil Rektor 2 Ibu Dewi Handayani H, M.Psi. Bapak Dr. Ir. Sugeng Riyono, M.Phil selaku Dekan Fakultas Teknik pada saat sesi kata sambutan menyampaikan yang intinya yaitu untuk dikenal lebih luas dikancah Internasional mesti lebih produktif dalam penelitian melalui jurnal. Sesi sambutan dilanjutkan oleh Ibu Dewi Handayani H, M.Psi Selaku WR2 mewakili Pimpinan Universitas yang menyapa hangat peserta dari berbagai daerah di Indonesia, beliau menyampaikan lembaga-lembaga jurnal yang sudah ada di UP45Yk dan sekaligus pengenalan Prodi Teknologi Informasi yang merupakan prodi baru yang sudah berjalan 2 semester sejak 2019. Ibu Dewi Handayani H, M.Psi lanjut menyampaikan bahwa terkait jurnal para Dosen punya semangat yang tinggi dan antusias sekali, yang mesti ditingkatkan adalah proses menyelesaikannya, beliau sampaikan bahwa berharap Bapak Pembiacara bisa berbagi tips dan triks proses penyelesaiannya. Masuk pada sesi inti pemaparan content Seminar yaitu Bapak Andri Pranolo, S.Kom., M.Cs menyampaikan yuk “MARI BELAJAR MENULIS BERSAMA”. Point terpenting yang mesti dilakukan untuk menulis jurnal adalah Abstrak harus jelas, artikelnya harus bisa dibaca, secara akademik kontribusi bisa dinikmati. Ketiga hal tersebut merupakan screening awal editor untuk menilai. Dalam gambar dibawah ini yang tertulis dalam bahasa Inggris Pembicara menyampaikan alasan editor menolak sebuah jurnal yaitu :

Lalu Pembicara menyampaikan algoritma apa yang mesti kita persiapkan pada saat menulis jurnal, gambar ini bawah ini menjelaskannya :

Untuk lebih detailnya silahkan dengarkan Seminar Online ini di https://www.youtube.com/watch?v=mUtqjCYPA8U, please di Subsribe dan nyalakan lonceng notifnya ya, klik like and share dan tulis komen di video tersebut untuk komunikasi kita dan menjadi evaluasi kita bersama.

 

Bagi yang mau mendengarkan dikemudian hari sehari secara offline silahkan di unduh https://www.ssyoutube.com/watch?v=mUtqjCYPA8U, hajar gan 🙂

 

Selamat menikmati dan Yuk MARI BELAJAR MENULIS BERSAMA.

 

Selamat berjumpa di Webinar-webinar luar biasa berikutnya. Tunggu Webinar dari Tim Program Studi Teknologi Informasi UP45YK dibawah manajemen Ka.Prodi Ibu Sapriani Gustina, S.Kom., M.Kom.

 

OK Gan See you next Webinar

 

Maaf dan Terima Kasih

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *