Seminar Online Peluang Industri Digital di Era Pandemi Corona

Seminar Online Peluang Industri Digital di Era Pandemi Corona

 

Perkembangan zaman membuat industri teknologi dan informasi semakin bergerak maju dan berkembang dengan pesat. Revolusi industri 4.0 mampu mengubah segala sendi kehidupan masyarakat dari mulai pola perilaku, gaya hidup, cara orang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidup, metode kerja dan transaksi keuangan, peluang bisnis dengan berbagai kompleksitas adaptasi dan tranformasi pengalaman hidup dalam aktivitas keseharian masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi memungkinkan terjadinya otomatisasi hampir di semua bidang. Teknologi dan pendekatan baru yang menggabungkan dunia fisik, digital, dan biologi secara fundamental akan mengubah pola hidup dan interaksi manusia. Bagaimna kita dapat melihat dan memanfaatkan peluang Industri Digital Di Era Pandemi Corona? Ini Akan dikupas oleh narasumber.

Program Studi Teknologi Informasi UP45YK adalah Prodi yang baru setahun berjalan, dan Alhamdulillah sudah banyak mengadakan aktifitas-aktifitas akademik diantaranya kali ini Seminar Online Peluang Industri Digital di Era Pandemi Corona yang diadakan pada Sabtu 13 Juni 2020, Seminar dimulai pada pukul 13.00 WIB dan berlangsung selama hampir 2 jam.

Seminar Online Peluang Industri Digital di Era Pandemi Corona yang menggunakan fasilitas Google Hangouts Meet diikuti oleh banyak Netter. Tampil sebagai Pembicara Bapak Ammar Fauzan, S.Pd., M.Kom yang merupakan Dosen UNU Sumatera Utara dan Bapak Lukman Hakim, S.Kom., M.T yang merupakan Dosen Prodi IT UP45 Yogyakarta, bertindak sebagai Moderator Ibu Sapriani Gustina, S.Kom., M.Kom yang merupakan Ka.Prodi IT UP45 Yogyakarta. Seminar ini tidak berbayar dan peserta mendapatkan Ilmu serta E-Sertifikat.

Semoga Prodi Teknlogi Informasi UP45YK produktif mengadakan Seminar Online atau yang lebih dikenal dengan Istilah Webinar. OK selamat berjumpa di Webinar berikutnya.

 

Aktifitas Mahasiswa Prodi IT

Seminar dan Workshop “PYTHON Fundamental dengan GOOGLE COLAB”

Jumat 13 Maret 2020 dari Pukul 08.00 – 11.30 WIB Prodi IT mengadakan Seminar dan Workshop Arsitektur Software dan Data Berbasis Cloud yang mengambil Tema “PYTHON Fundamental dengan GOOGLE COLAB”. Kegiatan ini diisi oleh 4 Narasumber yang merupakan Praktisi IT yang sedang menempuh kuliah Magister Teknologi Informasi di STMIK Akakom Yogyakarta. Ketua Prodi IT Ibu Sapriani Gustina, S.Kom,. M.Kom sangat mendukung sekali kegiatan ini untuk menambah wawasan IT lebih luas dan mendalam bagi Mahasiswa Prodi IT UP45 Yogyakarta.

Seminar yang sekaligus Workshop ini dilaksanakan pertama sekali bagi Mahasiswa IT dan Mahasiswa IT sangat antusias dan senang mengikutinya. Sesi pertama diisi oleh Narasumber Bapak Novriandi, ST yang kesehariannya sebagai Team Teaching IT dan IT Support UP45YK. Beliau memberikan pendahuluan yatu Apa itu Python; Cloud Computing dan Google Colab. Setelah dijelaskan tentang 3 hal tersebut diatas Narasumber menyampaikan bagaimana menggunakan Python dan Google Colab. Narasumber menyampaikan Pyhton dipelajari karena pada Google Colab menggunakan Python. Pyhton adalah Bahasa pemograman Multi Paradigma yang banyak digunakan oleh para Data Scientist; Researcher dan lain lain. Narasumber pertama mengatakan Mengapa menggunakan Google Colab?Google Colab itu :

  • Memudahkan Kolaborasi dalam Pekerjaan Bersama seperti halnya Google Drive dan lainnya. Sebagai contoh bisa berbagi Coding Online dengan orang lain, melakukan eksperimen secara tugeder atau sekedar untuk melihat dan mempelajari coding yang satu dengan yang lainnya.
  • Menyediakan Akses GPU secara Sukarela
  • Kemudahan Integrasi
  • Mudah dioperasikan.

Pada Sesi kedua Pak C. Yongky Pranowo, S.Kom yang kesehariannya sebagai Web Developer di PT. Koltiva Yogyakarta pada workshop menjelaskan secara singkat google colab, melakukan pengaturan tema notebook, merubah versi python hingga Hardware Accelerator.
Pada sesi ini juga melakukan praktik belajar python fundamental sehingga peserta dapat memahami konsep awal & fundamental pada Python sebelum melanjutkan ke sesi berikutnya. Berikut link download materi dari Narasumber kedua ini : https://colab.research.google.com/drive/1EFqEkSxGnY3NNHFRGqGE8DSxH2718SqK.

Pada sesi ketiga Narasumber Pak Cucut Hariz Pratomo, S.Kom yang merupakan Editor Jurnal Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler, FKKMK UGM Yogyakarta Melanjutkan dari sesi Pak Yongky, kali ini membahas mengenai struktur data yg ada didalam python: List, tuple, dictionary,dan tipe data set. Tapi sebelum itu dikenalkan terlebih dahulu konsep mutable dan immutable dimana tiap struktur data memiliki konsep tersebut, kemudian dilanjutkan pemaparan fungsi kelebihan dan kekurangan masing masing struktur data tersebut dan peserta mempraktikkan penulisan dan operasi tiap struktur data tersebut secara komprehensif.

Pada sesi terakhir disampaikan Narasumber Bagas Triaji, S.Kom yang kesehariannya sebagai Data Engineer PT. Solusi Kampus Indonesia Yogyakarta membahas tentang Python Introduction: Working with data on cloud. Menggunakan Google colab dengan mengakses dataset pada Google sheet. Peserta workshop mencoba mulai dari koneksi data, otentikasi API, penggunaan berbagai library python salah satunya Pandas, yakni menggunakan DataFrame untuk analisis, mengolah, visualisasi data secara sederhana. Sesi ini peserta dapat memahami selain pemrograman python pada platform cloud, juga dapat bekerja menggunakan data yang juga berada pada cloud. Berikut link download materi dari Narasumber terakhir ini : https://colab.research.google.com/drive/1EFqEkSxGnY3NNHFRGqGE8DSxH2718SqK.

Seminar dan Workshop diakhiri dengan photo bersama Narasumber, Kaprodi IT dan seluruh Mahasiwa. Salut atas kerja keras kerja cerdas nya Farel sebagai Ketua Panitia dan seluruh Panitia serta Mahasiwa Prodi IT.

Semoga kegiatan seperti ini berkesinambungan dan bermanfaat untuk kehidupan…